Jumat, 19 Februari 2010

Jorge Lorenzo

Nationality : Spanish
Date of birth : May 4, 1987
Place of birth : Palma de Mallorca, Balearic Islands, Spain

Website : www.lorenzo99.com
MotoGP Team : Fiat Yamaha Team
Bike number : 99
Championships : 250cc - 2006, 2007
Race starts : 126
Wins : 26
Podium finishes : 54
Pole positions : 35
Fastest laps : 12
Points : 1457
2009 championship : position 2nd (245 points)

Lorenzo lahir di pulau Balearic Mallorca, Spanyol pada tanggal 4 Mei 1987. Dia mulai naik sepeda motor di rumah pada usia tiga dan dalam beberapa bulan untuk mengambil dua roda yang bersaing dalam minicross pertama ras. Pada tahun 1995, berusia delapan tahun, ia memenangkan gelar dan diikuti Balearik bahwa hingga tahun berikutnya dengan mengambil Island minicross, pengadilan, minimoto dan SMP motorcross judul.


Lorenzo lulus untuk balap jalanan dan kompetisi nasional tahun 1997 dan tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan dirinya, memenangkan Piala 50cc Aprilia pada tahun 1998. Meskipun secara resmi menjadi terlalu muda, dispensasi khusus pada tahun 2000 memungkinkan dia untuk bersaing di seri 125cc Spanyol pada usia 13 dan ia membuat sejarah pada tahun berikutnya ketika bersaing di Eropa dan menjadi pemenang termuda Eropa balapan 125cc.

Para remaja dewasa sebelum waktunya, sekali lagi menunjukkan bahwa ada batas usia untuk cepat naik peringkat balap sepeda motor, membuat yang pertama terjun ke dunia panggung dengan Derbi di Grand Prix Spanyol di Jerez pada tahun 2002, putaran ketiga musim. Dia tidak mencapai usia 15 hukum sampai hari Sabtu dan karenanya merindukan hari pertama latihan, tetapi tidak terpengaruh ini dan terkesan pedok dengan kualifikasi untuk balapan, memperkuat posisinya di Kejuaraan Dunia selama musim ketika ia tiba di genggaman dengan sirkuit.

Mallorca muda menghantam waktu besar musim berikutnya, pemenang pertama 125cc Grand Prix di Rio de Janeiro dan kemudian akan memenangkan tiga balapan musim berikutnya, finishing keempat pada tahun 2004 dan menerima sembilan podium tally sebelum melakukan langkah ke atas perempat liter kelas dan beralih ke mesin Honda. Finish enam dan empat tiang posisi di musim 250cc rookie disegel kelima dalam kejuaraan dan, dengan pindah ke pabrik Aprilia tim, 2006 adalah secara luas diharapkan menjadi tahun menentukan.

Lorenzo memang melampaui semua harapan di tahun 2006, mendominasi kelas dengan delapan menang dan rekor equalling sepuluh tiang, clinching gelar juara dunia pertamanya meyakinkan. 2007 melihat lebih sama dan yang luar biasa posisi sembilan tiang melihatnya menang dari setiap satu dari mereka, mengklaim gelar juara dunia kedua di putaran kedua dari belakang di Sepang. Dia juga menjadi Spanyol 250cc paling sukses pengendara dari semua waktu dalam proses.

Dia bergabung dengan Yamaha pada 2008 dan meledak ke MotoGP adegan dengan posisi tiang yang menonjol pada pembukaan putaran di Qatar, sebelum menyelesaikan kedua dalam lomba. Tiang kedua posisi dan podium lagi di babak kedua terbukti itu bukan kebetulan, sebelum ia melanjutkan untuk mengambil tiang ketiga yang luar biasa dan seorang gadis pantas menang pada balapan ketiga di Estoril. Ia kembali ke bumi dengan sebuah benjolan di Cina, ketika sebuah kecelakaan dalam praktek melihatnya patah tulang kedua pergelangan kaki, meskipun ia berjuang untuk menyelesaikan keempat dalam lomba sebelum kembali dengan podium lain waktu berikutnya sekitar di Perancis. Bagian tengah musim sulit bagi pembalap Spanyol muda sebagai beberapa crash meninggalkannya dengan luka-luka dan babak belur lebih percaya diri, tapi ia tidak pernah menyerah dan berhasil kembali ke mengklaim dua podium. Ia menyelesaikan musim di posisi keempat sebagai rookie of the year, yang paling sukses debutante sejak awal era empat-stroke.

Lorenzo akan sekali lagi mitra Valentino Rossi di Yamaha Factory Team pada tahun 2010, tidak ada keraguan bahwa ia akan kembali di depan dan menantang bagi gelar masuk

Sebuah karakter penuh warna, Lorenzo memiliki menyukai ras bersemangat pasca-perayaan, yang membuatnya menjadi tokoh populer dengan penggemar. Julukannya "X Fuera", adalah kiasan kepada menyalip di luar gaya flamboyan.

Rossi vs Lorenzo (last 3 laps Catalunya)




0 komentar: